• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita
Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Laksanakan Pengabdian di TPQ Bina Insan Kamil Jakarta

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Laksanakan Pengabdian di TPQ Bina Insan Kamil Jakarta

Jakarta Barat, 4 Desember 2023 – Dosen dan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an (IDAQU) Jakarta menjalankan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan penuh semangat di TPQ Bina Insan Kamil, yang berlokasi di Rawa Lele, Jakarta Barat. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, dimulai pada tanggal 4 Desember hingga 8 Desember 2023.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, para dosen dan mahasiswa IDAQU Jakarta membawa berbagai kegiatan dan program edukatif ke TPQ Bina Insan Kamil. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan melibatkan interaksi langsung dengan anak-anak dan masyarakat setempat.

Salah satu program kegiatan yang dilaksanakan adalah pelaksanaan kelas interaktif tentang nilai-nilai keagamaan, etika, dan moral. Dosen dan mahasiswa aktif berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para peserta didik TPQ, menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan penuh semangat.

Selain itu, tim PKM Fakultas Ushuluddin IDAQU juga menyelenggarakan kegiatan keterampilan, seperti pelatihan membaca Al-Qur’an dengan tartil dan tajwid yang baik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan baca Al-Qur’an anak-anak TPQ Bina Insan Kamil Rawa Lele.

Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi para mahasiswa IDAQU untuk terjun langsung ke lapangan, menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh di kampus, serta memperluas wawasan mereka dalam melayani masyarakat.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Mohamad Mualim, Lc., M.A., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. “Kami ingin berbagi ilmu dan pengalaman yang kami miliki kepada anak-anak TPQ Bina Insan Kamil, yang merupakan generasi penerus bangsa. Kami juga ingin memberikan dukungan dan apresiasi kepada guru dan pengurus TPQ Bina Insan Kamil, yang telah berjasa dalam mengembangkan pendidikan dan dakwah di lingkungan mereka,” ujar dekan.

61 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *