• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita
Fakultas Ushuluddin Gelar PDKT Ilmiah, Dibuka oleh Rektor dan Ajak Mahasiswa Teliti Ekosistem DAQU

Fakultas Ushuluddin Gelar PDKT Ilmiah, Dibuka oleh Rektor dan Ajak Mahasiswa Teliti Ekosistem DAQU

Jakarta, 29 Mei 2024 – Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Dasar Karya Tulis (PDKT) Ilmiah yang ditujukan bagi mahasiswa semester 6 yang akan memulai penulisan skripsi. Pelatihan ini diadakan pada Rabu, 29 Mei 2024, dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif dalam penulisan karya ilmiah. Acara ini secara resmi dibuka oleh Rektor IDAQU, Dr. H. Muhammad Anwar Sani, S.Sos., M.E.

Rektor Institut Daarul Qur’an Jakarta, Dr. H. Muhammad Anwar Sani, S.Sos., M.E., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mahasiswa memahami dan menerapkan pedoman penulisan ilmiah yang benar. Beliau juga berharap agar mahasiswa dapat memilih judul penelitian yang relevan dengan ekosistem Daarul Qur’an (DAQU), mengingat DAQU memiliki berbagai unit atau lembaga seperti Daqu Bisnis Nusantara (DBN), Lembaga Amil Zakat Nasional PPPA, pesantren, sekolah, serta perguruan tinggi termasuk IDAQU. Menurutnya, penelitian yang fokus pada lembaga-lembaga tersebut akan sangat bermanfaat.

“Kita memiliki banyak unit atau lembaga yang bisa dijadikan objek penelitian. Saya berharap mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan DAQU. Memanfaatkan ekosistem DAQU sebagai objek penelitian tidak hanya memberikan keuntungan praktis tetapi juga kontribusi langsung terhadap pengembangan DAQU,” ujar Dr. Anwar Sani.

Pelatihan ini menyajikan berbagai materi penting yang dapat membantu mahasiswa menulis skripsi dengan baik dan benar sesuai pedoman penulisan karya tulis ilmiah. Beberapa topik yang dibahas dalam pelatihan ini antara lain: “Cara Menentukan Judul Skripsi yang Baik” oleh Muhammad Asgar Muzakki, Lc., M.A., “Cara Membuat Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan Penelitian” oleh Ida Kurnia Shofa, M.Ag., “Cara Mengakses Referensi Nasional dan Internasional” oleh Muhammad Ghifari, S.Hd., M.Ag., serta “Cara Penggunaan Maktabah Syamilah dan Mendeley untuk Mendukung Penelitian” oleh Khoirun Nidhom, Lc., M.A.

Mahasiswa yang hadir merasa sangat terbantu dengan pelatihan ini. Mereka mendapatkan banyak ilmu praktis yang dapat langsung diaplikasikan dalam penulisan skripsi. “Materi yang disampaikan sangat relevan dan langsung bisa diterapkan. Saya jadi lebih yakin dalam menentukan judul dan menyusun penelitian saya,” ujar salah satu mahasiswa peserta pelatihan.

Dengan adanya PDKT Ilmiah ini, diharapkan mahasiswa Fakultas Ushuluddin IDAQU dapat menghasilkan skripsi yang tidak hanya sesuai dengan standar akademis, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan dan pemanfaatan potensi ekosistem DAQU. Rektor IDAQU berharap bahwa melalui penelitian yang dilakukan, para mahasiswa dapat ikut serta dalam memperkuat dan mengembangkan lembaga-lembaga di bawah naungan DAQU.

31 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *