• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita
Fakultas Ushuluddin IDAQU Gandeng IAI Khozinatul Ulum Blora dan IAIN Kudus Gelar Webinar Nasional

Fakultas Ushuluddin IDAQU Gandeng IAI Khozinatul Ulum Blora dan IAIN Kudus Gelar Webinar Nasional

Jakarta – Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an (IDAQU) Jakarta bekerjasama dengan Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora dan Institut Agama Islam Negeri Kudus mengadakan Webinar Nasional yang bertajuk: “Harmoni Al-Qur’an antara Teks dan Konteks” yang dilaksanakan pada Selasa, 05 Desember 2023 pukul 10.00-12.00 WIB.

Webinar ini menghadirkan narasumber-narasumber ternama dalam bidang studi Al-Qur’an. Diantaranya adalah Agusman Armansyah, Lc., M.Soc.Sc., (Dosen IDAQU Jakarta), Zaimul Asroor, S.Th.I, M.A., (Dosen IAI Khozinatul Ulum Blora), dan Dr. M. Rikza Muqtada, M.Hum., (Dosen IAIN Kudus).

Narasumber dari Fakultas Ushuluddin IDAQU Jakarta, Agusman Armansyah, Lc., M.Soc.Sc., pada paparan materinya menyampaikan bahwa kemaslahatan dan kepentingan kemanusiaan merupakan prinsip universal –al-mab’da’ al-ta’sisy– dalam memahami Al-Qur’an sehingga dapat melampaui kesejarahannya yang ditentukan oleh waktu dan tempat untuk mewujudkan elan qur’anic dynamic (dinamisasi Al-Qur’an).

“Al-Qur’an bukan teks mati, melainkan teks hidup yang dinamis. Al-Qur’an harus dibaca dengan pendekatan kemaslahatan dan kepentingan kemanusiaan, bukan dengan pendekatan literalis dan tekstualis yang mengabaikan konteks sosial, budaya, dan politik,” ujar Agusman.

Webinar ini mendapat sambutan positif dari peserta yang mencapai sekitar 100 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen. Antusiasme dan partisipasi aktif peserta menjadikan acara ini berjalan lancar dan sukses.

Kerjasama antara Fakultas Ushuluddin IDAQU Jakarta, IAI Khozinatul Ulum Blora, dan IAIN Kudus dalam acara ini juga diapresiasi oleh Mohahamad Mualim, Lc., M.A., Dekan Fakultas Ushuluddin IDAQU, sebagai langkah positif dalam memperkuat kolaborasi akademis antarkampus Islam. Kesuksesan acara ini diharapkan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin IDAQU dapat memberikan kontribusi positif dalam memperkaya pemahaman masyarakat tentang harmoni Al-Qur’an dalam konteks kontemporer.

51 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *