• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita
Ida Kurnia Shofa, M.Ag., Bagikan Kiat Lulus Kuliah Tanpa Skripsi pada Workshop Artikel Jurnal Ilmiah

Ida Kurnia Shofa, M.Ag., Bagikan Kiat Lulus Kuliah Tanpa Skripsi pada Workshop Artikel Jurnal Ilmiah

Tangerang, 1 Desember 2023 – Dosen Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an (IDAQU) Jakarta, Ida Kurnia Shofa, M.Ag., menjadi pembicara dalam workshop yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IDAQU pada tanggal 1-2 Desember 2023. Dalam kegiatan yang bertemakan “Mahir Jurnal, Lulus Kuliah Tanpa Skripsi,” Ida Kurnia Shofa berbagi kiat sukses untuk mencapai gelar sarjana tanpa harus menyusun skripsi.

Ida Kurnia Shofa, M.Ag., menjelaskan bahwa mahasiswa bisa bebas skripsi dengan catatan menerbitkan tulisan di jurnal ilmiah yang bersinta. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Rektor IDAQU Nomor: 010/A.01/1.02/IDAQU/VII/2023 yang berisi tentang kegiatan alternatif sebagai pengganti tugas akhir/skripsi dengan pilihan salah satu artikel ilmiah yang terpublikasi pada jurnal bereputasi atau prosiding bereputasi.

Ada tiga pilihan yang bisa dipilih oleh mahasiswa, yaitu:

  • Minimal 1 artikel terbit di jurnal internasional terindeks Web of Science (WOS).
  • Minimal 1 artikel terbit di jurnal nasional terindeks SINTA 1-3.
  • Minimal 2 artikel terbit di jurnal nasional terindeks SINTA 4-5.

Selain itu, Ida Kurnia Shofa juga berbagi pengalaman tentang tips dan trik penulisan artikel jurnal ilmiah yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik. Peserta workshop juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung dan berdiskusi mengenai strategi praktis dalam penulisan artikel jurnal ilmiah.

Workshop ini turut menghadirkan narasumber lain, yakni Muhammad Ghifari, S.Hd., M.Ag., Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin IDAQU, yang menyampaikan materi tentang teknik penulisan artikel jurnal ilmiah. Dalam paparannya, Muhammad Ghifari menjelaskan teknik-teknik penulisan artikel jurnal ilmiah yang efektif dan memberikan panduan praktis bagi mahasiswa agar bisa menulis artikel dengan benar sesuai aturan dan pedoman penulisan artikel ilmiah.

Workshop ini diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa dari berbagai program studi di IDAQU. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel jurnal ilmiah, serta memberikan motivasi dan inspirasi bagi mereka yang ingin lulus kuliah tanpa skripsi.

112 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *