• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita
Ida Kurnia Shofa, M.Ag., Dosen Fakultas Ushuluddin IDAQU, Sampaikan Materi Menarik di Seminar UIN Antasari Banjarmasin

Ida Kurnia Shofa, M.Ag., Dosen Fakultas Ushuluddin IDAQU, Sampaikan Materi Menarik di Seminar UIN Antasari Banjarmasin

Tangerang – Dosen Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an (IDAQU) Jakarta, Ida Kurnia Shofa, M.Ag., menjadi salah satu narasumber yang menyampaikan materi menarik di seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Antasari Banjarmasin pada hari Sabtu, 2 Desember 2023, mulai pukul 08.30 hingga 12.00 WITA.

Dalam seminar yang mengangkat tema “Artificial Intelligence Bagi Pegiat Tafsir Al-Qur’an: Bantuan atau Ancaman?”, Ida Kurnia Shofa menyampaikan materi berjudul “Transformasi Epistemologi Tafsir di Era Teknologi Cerdas: Sebuah Peluang dan Tantangan Bagi Pegiat Tafsir”. Dengan pengalaman dan keahlian dalam bidangnya, Ida Kurnia Shofa memberikan wawasan mendalam tentang dampak signifikan penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam konteks tafsir Al-Qur’an.

Dalam paparannya, Ida Kurnia Shofa menyimpulkan bahwa penerapan kecerdasan buatan dalam tafsir membawa dampak positif dan potensi tantangan yang perlu dihadapi dengan bijak. Penggunaan AI, menurutnya, membuka peluang baru untuk analisis teks suci, namun perlu dikelola dengan hati-hati untuk memastikan bahwa nilai-nilai keagamaan, tradisional, dan konteks budaya tetap dihormati.

Seminar ini juga menghadirkan narasumber lain, yaitu Dr. Fitrah Sugiarto, M.Th.I (Dosen UIN Mataram) dan Bashori, M. Ag (Dosen UIN Antasari Banjarmasin), yang turut memberikan kontribusi pandangan yang beragam terkait pengaruh Artificial Intelligence dalam tafsir Al-Qur’an. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang peran AI dalam konteks tafsir dan tantangan yang dihadapi oleh para pegiat tafsir di era teknologi cerdas.

Ida Kurnia Shofa, M. Ag, sebagai salah satu pakar di bidangnya, berhasil menyajikan materi yang menarik dan memberikan kontribusi positif dalam menggali pemahaman lebih dalam tentang peran kecerdasan buatan di dalam penafsiran Al-Qur’an.

92 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *