• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten

Sekilas Fakultas

Fakultas Ushuluddin resmi dibuka bersamaan dengan peresmian Institut Daarul Qur’an Jakarta pada tanggal 5 Maret 2020, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 116 Tahun 2020 tentang izin Pendirian Institut Daarul Qur’an Jakarta.

Fakultas Ushuluddin memiliki visi “Menjadi Fakultas yang unggul dalam bidang keilmuan Qur’ani dan sunnah nabi, di Asia Tenggara berbasis Daqu Methode pada tahun 2038”. Untuk menterjemahkan visi di atas, Fakultas Ushuluddin merumuskan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Sunnah nabawiyyah.
  2. Menyelenggarakan riset yang berkontribusi dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Sunnah nabawiyyah.
  3. Meningkatkan pengabdian masyarakat di bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Sunnah nabawiyyah, yang memiliki tingkat relevansi dan moderasi yang berguna bagi masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama antar lembaga dalam skala nasional maupun internasional

Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Fakultas Ushuluddin merumuskan tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sumber daya insani yang berintegritas baik iman, ilmu, maupun amal yang berbasis daqu methode khususnya dalam bidang dasar agama
  2. Menghasilkan lulusan yang professional, religius, kritis, inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menghasilkan penelitian-penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir dan juga Ilmu Hadis
  4. Mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan ilmu pengetahuan di bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir dan juga Ilmu Hadis di masyarakat.
  5. Menghasilkan lembaga yang professional, transparan dan akuntabel dalam rangka mencapai kepuasan civitas akademika.

Dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka Fakultas Ushuluddin merumuskan strategi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya insani melalui aktualisasi kegiatan yang menunjang pengembangan diri baik dalam iman, ilmu dan amal yang berbasis daqu methode khususnya dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir dan juga Ilmu Hadis
  2. Meningkatkan reputasi dan kinerja dosen melalui publikasi ilmiah baik pada jurnal Nasional maupun Internasional dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir dan juga Ilmu Hadis di masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas program pembelajaran baik internal maupun eksternal dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir dan juga Ilmu Hadis yang sesuai melalui program penyempurnaan desain kurikulum
  4. Meningkatkan kualitas promosi fakultas dan program studi.
  5. Penataan fungsi kelembagaan fakultas yang professional, transparan dan akuntabel.
  6. Mengembangkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui kerjasama lintas disiplin ilmu yang memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  7. Memperluas dan memperkuat jaringan kerjasama melalui aktualisasi kegiatan yang dapat menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi baik secara nasional maupun internasional.

Untuk saat ini Fakultas Ushuluddin memiliki dua program studi, tentu kedepannya Fakultas Ushuluddin akan melebarkan sayapnya dengan membuka program studi baru lagi. Dua program studi yang dimiliki Fakultas Ushuluddin saat ini adalah:

  1. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)

Program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir memiliki visi “Menjadi ahli dibidang pengkajian Ilmu Al-Quran dan Tafsir dikawasan asia tenggara berbasis Daqu methode tahun 2038. Untuk menterjemahkan visi di atas, IAT merumuskan misi sebagai berikut: Pertama, Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pengkajian dibidang Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang berbasis Daqu Methode. Kedua, Mengembangkan tradisi keilmuan yang moderat dan penelitian tematis analitis yang berkesinambungan dalam bidang Al-Qur’an dan Tafsir. Ketiga, Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara. Keempat, Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga/institusi dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, dan institusi lain yang terkait, secara nasional dan internasional.

2. Ilmu Hadis (IH)

Program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir memiliki visi “Menjadi ahli dibidang pengkajian Ilmu Al-Quran dan Tafsir dikawasan asia tenggara berbasis Daqu methode tahun 2038. Untuk menterjemahkan visi di atas, IAT merumuskan misi sebagai berikut: Pertama, Menyelenggarakan perguruan tinggi yang kompeten dalam bidang Ilmu Hadis. Kedua, Mengembangkan riset dan pendalaman keilmuan dalam disiplin Ilmu Hadis, Ketiga, Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan umat berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian, khususnya disiplin Ilmu Hadis. Keempat, Menjalin kerjasama antar lembaga dalam bidang Ilmu Hadis baik nasional maupun internasional

Adapun yang menjadi keunggulan atau ciri khas Fakultas Ushuluddin adalah Tahfidz Intensif dan entrepeuner. Untuk pelaksanaan program tahfid intensif ini dilaksanakan di semester gansal dan genap semester 2. seluruh mahasiswa diwajibkan mengikuti program tahfidz intensif dengan tujuan semua mahasiswa bisa menjadi penghafal Al-Qur’an. Adapun pembelajaranya dibagi sesuai kemampuan awal mahasiswanya dan didampingi oleh asatid yang professional dibidangnya. Selanjutnya yaitu program entrepreneur ini adalah yang bertujuan mencetak lulusan yang mampu bersaing dikanca nasional dan internasional yang memiliki jiwa entrepreneur yang berkarakter Qur’ani berbasis Daqu Metod. Poin penting Daqu metod ini ada 7 poin yaitu: 1). Sholat Berjamaah & jaga hati, jaga sikap. 2). Tahajjud, dhuha & Qobliyah Ba’diyah. 3). Menghafal & tadabbur Al-Qur’an. 4). Sedekah & Puasa Sunnah. 5). Belajar & Mengajar. 6). Do’a, Mendoakan & Minta didoakan. 7). Ikhlas, sabar, syukur & Ridho. Entrepreneur atau pelaksanaanya yang biasa di sebut dengan magang atau pengenalan dunia kerja sebagai langkah awal dalam mencetak lulusan yang mempunyai pondasi sebagai seorang pengusaha hebat. program magang ini dilaksanakan pada semester 3, 4, dan 5. Pelaksanaan atau tempat mahasiswa menimba ilmu entrepreneur ini langsung ke lokasi unit usaha atau Lembaga yang sudah melakukan Kerjasama dengan Institut Daarul Qur’an Jakarta. Semua program ini diakses oleh seluruh mahasiswa Institut Daarul Quran Jakarta termasuk mahasiswa di Fakultas Ushuluddin.

7 Views