Pandemi Berkualitas bagi Sumber Daya Insani dan Mahasiswa Institut Daarul Quran

Adanya pandemic Covid-19 yang melanda bumi Indonesia sejak awal 2020 lalu, memberi banyak perubahan dan dampak negatif pada banyak sektor termasuk sektor pendidikan. Perubahan metode pembelajaran secara daring menuntut pendidik dan mahasiswa melakukan adaptasi secara cepat yang berdampak pada kemajuan ataukah statis pada perkembangan pendidikan itu sendiri.

Sebaliknya, Institut Daarul Quran, sebagai institut yang diresmikan tepat setengah tahun sebelum wabah Covid-19, memiliki semangat menggebu dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui indikator tingkat pendidikan, tentu pendidikan yang berbasis Qurani yang mampu mencetak generasi muda yang berwawasan Alquran, berakhlak Qurani serta mengimplementasikan pemahaman Alquran dalam kehidupan sosial.

Semangat mencetak generasi Qurani, Institut Daarul Quran melalui Fakultas Ushuluddin membuka “Kajian Ilmu Shorof kitab Nadzhom Maqsud” dilaksanakan rutin setiap hari Rabu ba’da Ashar secara online dan offline di masjid al-Anwar Institut Daarul Quran. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Fakultas Ushuluddin dan diampu oleh Ustadz Khoirun Nidhom, Lc., M.A. sebagai Ketua Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir.

Menurut Ustadz Khoirun Nidhom “Penting bagi mahasiswa yang kurang memahami ilmu shorof untuk megikuti secara rutin kegiatan tersebut untuk menambah wawasan dasar bahasa Arab. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membantu mahasiwa dalam memahami jumlah variabel kata dan perubahan kata dalam bahasa Arab, sehingga dapat membantu mahasiwa mengetahui dan memahami variasi makna kata dalam setiap kata Arab”. Melalui pemahaman makna kata secara mendalam, mahasiswa semoga mampu memahami literatur berbahasa Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X