Urgensi Ilmu Nahwu Dalam Memahami dan Menafsirkan Alquran

Urgensi Ilmu Nahwu Dalam Memahami dan Menafsirkan Alquran

Ribuan informasi di dalam Alquran menuntut setiap insan memiliki setidaknya ilmu dasar bahasa Arab untuk memahami isi Alquran. Sementara ilmu Nahwu, sebagai ilmu dasar atau grammatical science, yang berguna selain untuk memahami Alquran juga mampu menjadi jembatan untuk menafsirkan Alquran. Pada kenyataannya, memahami dan menafsirkan Alquran tidaklah semudah membalikkan telapak tangan sehingga dibutuhkan proses yang lebih panjang dan tiada henti dalam mempelajari dasar-dasar ilmu bahasa Arab, termasuk Ilmu Nahwu.

Fakta bahwa mempelajari Ilmu Nahwu adalah sangat penting, Institut Daarul Quran melalui Fakultas Ilmu Alquran dan Tafsir mengadakan kajian rutin mingguan “Kajian Ilmu Nahwu Kitab Nazhom Imriti” secara offline/online, dipandu oleh Dekan Fakultas Ushuludin Mohamad Muallim, Lc.,MA. Kajian Ilmu Nahwu diadakan setiap satu kali dalam seminggu hari Kamis ba’da Ashar, sebagai usaha untuk mengembangkan dan memajukan sumber daya insani/ mahasiswa Institute Daarul Quran utamanya dalam peningkatan kemampuan Bahasa Arab.

Kajian ini juga digelar demi mewujudkan visi dan misi Institut Daarul Quran untuk mencetak mahasiswa qurani yang mampu memahami Alquran dan mengimplementasikan dalam kehidupan sosial msayarakat pada umumnya. Melalui diadakannya rutinitas kajian Ilmu Nahwu, dapat membantu meningkatkan mahasiswa yang mengalami kendala terhadap ilmu dasar bahasa Arab tersebut. Selain itu, juga mampu meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa untuk mengakses, membaca dan memahami luasnya pengetahuan keIslaman dalam kitab-kitab klasik.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

X