• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita
Mahasiswa IAT IDAQU Jakarta Dalami Ilmu Rasm dan Mushaf di Baitul Qur’an TMII

Mahasiswa IAT IDAQU Jakarta Dalami Ilmu Rasm dan Mushaf di Baitul Qur’an TMII

Jakarta, 4 Oktober 2024 – Sebanyak 40 mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin IDAQU Jakarta semester VII mengikuti kegiatan kuliah lapangan yang diadakan di Baitul Qur’an, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kegiatan ini mengangkat tema “Pengenalan Ilmu Rasm dan Mushaf di Indonesia” dan bertujuan untuk memperdalam pemahaman mahasiswa tentang ilmu rasm dan mushaf, dua cabang ilmu penting dalam kajian Al-Qur’an.

Kuliah lapangan ini menghadirkan dua pakar dari Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), yaitu Ust. Mustofa M.A., dan Ust. Ahmad Zaini M.A., yang membagikan wawasan mereka mengenai sejarah, metode penulisan, serta aturan-aturan rasm dan mushaf yang berlaku di Indonesia. Keduanya memberikan pemaparan yang komprehensif mengenai peran LPMQ dalam menjaga keaslian penulisan mushaf Al-Qur’an di Indonesia, serta pentingnya memahami aspek-aspek teknis dan spiritual dalam kajian rasm.

Dekan Fakultas Ushuluddin, H. Mohamad Mualim,Lc., M.A., menyampaikan bahwa kegiatan kuliah lapangan ini merupakan bagian dari upaya memberikan pembelajaran kontekstual kepada mahasiswa. “Dengan terjun langsung ke lembaga-lembaga pengkajian Al-Qur’an, mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga memahami praktik langsung dari para ahli di lapangan,” jelasnya.

Mahasiswa tampak antusias mengikuti sesi ini, terutama saat sesi tanya jawab dengan para narasumber. Beberapa pertanyaan yang diajukan meliputi teknis penulisan mushaf di Indonesia, perbedaan penulisan rasm dalam mushaf internasional, serta tantangan dalam pentashihan mushaf digital.

Kuliah lapangan ini diharapkan dapat memberikan bekal tambahan bagi mahasiswa tentang tradisi penulisan mushaf di Indonesia. Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen Fakultas Ushuluddin IDAQU dalam menyelenggarakan pendidikan yang mengintegrasikan antara teori dan praktik nyata, terutama dalam kajian Al-Qur’an.

Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga 11.00 WIB ini berjalan dengan lancar dan penuh makna, meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta.

283 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *