• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten

Himpunan Mahasiswa

Organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi disebut Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dengan basis kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi bidang studinya. Keanggotaan HMPS adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi yang bersangkutan.
Selain organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi, terdapat juga organisasi kemahasiswaan di tingkat institut, yaitu terdiri dari Dewan Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA) dan Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM). Keanggotaan DEMA dan SEMA adalah seluruh mahasiswa Institut Daarul Qur’an Jakarta, sedangkan keanggotaan UKM adalah mahasiswa berdasarkan kesamaan minat dan bakat. UKM adalah organisasi kemahasiswaan pada tingkat institut yang mempunyai ruang lingkup kegiatan yang bersifat non-kurikuler (ekstra-kurikuler) sebagai wadah untuk mengembangkan bakat, minat dan kepribadian mahasiswa. Pada masa mendatang UKM akan dikembangkan sebagai alat pengembangan prestasi mahasiswa di bidang non-kurikuler.
Adapun kegiatan kemahasiswaan di Fakultas Ushuluddin ada 2 (dua) jenis, yaitu kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh organisasi kemahasiswaan dan kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Fakultas. Kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh organisasi kemahasiswaan di antaranya berupa: pelatihan kepemimpinan, kejuaraan olahraga, pagelaran seni, seminar, lomba karya inovatif, Musabaqah Tilawatil Qur’an/Hifdzil Hadis/Qiraatul Kutub dan lain-lain. Sedangkan kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh fakultas diantaranya adalah:, seminar, pelatihan softskills, pelatihan penulisan karya ilmiah, pelatihan penulisan proposal penelitian, lomba karya ilmiah dan penelitian, dan lain-lain.

8 Views