• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten

Laboratorium

Laboratorium Ushuluddin Idaqu

Kedudukan Laboratorium

Laboratorium Fakultas adalah unit pelaksana teknis yang bertugas menyelenggarakan dan mengelola program Praktikum mahasiswa, baik di kampus (laboratorium) maupun di luar kampus (PPL). Laboratorium Fakultas dipimpin oleh seorang kepala laboratorium yang dalam menjalankan tugasnya melakukan koordinasi dengan Ketua Jurusan dan bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an Jakarta.

Laboratorium Program Pengalaman Lapangan (PPL) dipimpin oleh seorang kepala laboratorium. Secara struktural posisi laboratorium Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an Jakarta dapat dicermati dalam bagan berikut:

Tugas Laboratorium

Laboratorium Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an Jakarta bertugas menyusun desain pembelajaran praktikumdi kampusdan perencanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) serta mongkordinasikan pelaksanaannya bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an Jakarta dengan Lembaga pendidikan/pesantren dan lembaga lain mitra latihan.

Fungsi Laboratorium

  1. Merencakan dan mengatur pelaksanaan Praktikum dan Program Pengalaman Lapangan,
  2. Mengevaluasi pelaksanaan praktikum dan Praktik Pengalaman Lapangan,
  3. Mengembangkan mutu pelaksanaan praktikum dan Praktik Pengalaman Lapangan.

Program 

  1. Menyelenggarakan berbagai kegiatan praktikum,
  2. Melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan ketrampilan akademik seperti pelatihan, diskusi, halaqoh (seperti kajian kitab, baca tulis al-Qur’an, seni baca al-Qur’an, peningkatan bahasa arab inggris dan lain sebagainya),
  3. Menyediakan baik secara manual maupun digital (ICT) berbagai informasi dan data-data serta penelusuran terhadap berbagai data penelitian. Software, program atau link yang dapat mempermudah dalam mengakses berbagai kitab hadis, kitab tafsir, ulama mufasir, manuskrip nusantara, kearifan lokal, data mengenai semua agama agama, peta konflik dan lain sebagainya,
  4. Menghasilkan berbagai karya, tayangan, video rekaman dan lain-lain,
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat seperti mengirimkan volunter dalam membantu menangani pada berbagai korban bencana alam, korban konflik dan korban pada musibah lainnya.  

Kegiatan  

Adapun kegiatan-kegiatan yang ada di laboratorium adalah praktikum mata kuliah, pelatihan karya tulis ilmiah, pelatihan takhrij al-hadis, analisis data statistik untuk skripsi dengan metode kuantitatif, workshop statistik untuk dosen, diskusi dosen, kursus baca tulis al-Qur’an, pelaksanaan penelitian eksperimen oleh dosen dan mahasiswa, pembekalan PPL mahasiswa, verifikasi hafalan al-Qur’an dan Hadits.

9 Views